Info Terbaru 2022

Format Aplikasi Evaluasi Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 Sd Revisi Terbaru

Format Aplikasi Evaluasi Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 Sd Revisi Terbaru
Format Aplikasi Evaluasi Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 Sd Revisi Terbaru
Format Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 SD Revisi Terbaru  - Sistem evaluasi kurikulum 2013 mempunyai perbedaan kalau dibandingkan dengan KTSP sebelumnya. Penilaian sanggup disebut sebagai proses pengumpulan dan pengolahan warta untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu Peserta Didik (Permendikbud No. 53 Tahun 2015) Khusus untuk kelas 1 & 4 SD lengkap dengan KKM dan Mapel PJOK Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan format file memakai microsoft excel.

 mempunyai perbedaan kalau dibandingkan dengan KTSP sebelumnya Format Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 SD Revisi Terbaru

Penilaian merupakan serangkaian acara untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data ihwal proses dan hasil mencar ilmu akseptor didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi warta yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian sanggup dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sesudah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
[Preview File]

 mempunyai perbedaan kalau dibandingkan dengan KTSP sebelumnya Format Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 SD Revisi Terbaru

Prinsip dan Pendekatan Penilaian

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan oleh guru pada ketika melakukan evaluasi untuk implementasi Kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut :
  • Sahih maksudnya evaluasi didasarkan pada data yang memang mencerminkan kemampuan yang ingin diukur;
  • Objektif, evaluasi yang didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang terperinci dan dihentikan dipengaruhi oleh subjektivitas penilai (guru);
  • Adil, suatu evaluasi yang tidak menguntungkan atau merugikan siswa hanya alasannya yaitu mereka (bisa jadi) berkebutuhan khusus serta mempunyai perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, tabiat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender;
  • Terpadu, evaluasi dikatakan memenuhi prinsip ini apabila guru yang merupakan salah satu komponen tidak terpisahkan dari acara pembelajaran;
  • Transparan,  di mana kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan yang dipakai sanggup diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan;
  • Menyeluruh dan berkesinambungan, meliputi segala aspek kompetensi dengan memakai aneka macam teknik evaluasi yang sesuai. Dengan demikian akan sanggup memantau perkembangan kemampuan siswa;
  • Sistematis, Penilaian yang dilakukan oleh guru harus bersiklus dan dilakukan secara sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku;
  • Akuntabel, evaluasi yang proses dan balasannya sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya;
Penilaian Kompetensi Keterampilan, Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui evaluasi kinerja, yaitu  evaluasi yang menuntut akseptor didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan memakai tes praktik, projek, dan  evaluasi portofolio. Instrumen yang dipakai berupa daftar cek atau skala evaluasi (rating scale) yang dilengkapi rubrik.

Untuk lebih lengkapnya tentang Format Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Kelas 1 & 4 SD Revisi Terbaru  sanggup dilihat dan di download pada tautan link dibawah ini

Advertisement

Iklan Sidebar